Selasa, 17 April 2018

Apri, you have a high-performing post

Get even better results by boosting your kirim "Berbagai macam kebudayaan di Nusantara ini, khusus...".  ‌
Header
Your Post Is Performing Well
Your kirim "Berbagai macam kebudayaan di Nusantara ini, khusus..." is performing better than 75% of posts on Rumah Budaya Nusantara Pesambangan Jati Cirebon. Promote it to get even better results.
Boost Post
profile-pic
Rumah Budaya Nusantara Pesambangan Jati Cirebon
Diterbitkan oleh anNurudzdzaty Pesambangan Jati12 April pukul 20:37
Berbagai macam kebudayaan di Nusantara ini, khususnya Indonesia. Salah satunya adalah batik dengan berbagai macam motif/corak khas tersendiri di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Di Cirebon sendiri, motif/corak batik bermacam macam seperti motif trusmian dan kratonan. Di masyarakat umum, motif trusmian lebih memasyarakat seperti motif Mega Mendung dll. Sedangkan pada kalangan tertentu seperti family keraton, banyak yang menggunakan motif kratonan, sehingga masyarakat awam banyak yang berasumsi bahwa motif kratonan hanya bisa dipakai oleh darah bangsawan kraton dan harganya pun begitu fantastis. Oleh sebab ini lah, demi melestarikan seni budaya khususnya batik, bahwa motif apapun dari kalangan apapun bisa memakai batik baik trusmian ataupun kratonan. Gejolak Trusmi adalah dimana seorang pengrajin/penjual batik trusmi dengan keraton. Seperti Mbok Sanira dari Gamel, beliau ketika muda selain membuat juga menjualkan batik dari produsen Trusmi ke pihak kraton. Dan tradisi ini pun berkesinambungan sejak kakek nenek, orang tua hingga Mbok Sanira yang usia beliau sekarang sekitar 80 tahun lebih. Makna simbolik pada batik Cirebon pun begitu beragam dengan antara budayawan atau seniman satu dengan budayawan atau seniman lainnya. Sehingga ini adalah kekayaan khasanah pada makna simbolik batik trusmian dan kratonan atau lainnya. Sedari motif dengan makna kehidupan sehari-hari, tentang keagamaan sampai menceritakan suatu peristiwa tertuang pada batik Cirebonan. Target kami dalam melestarikan batik, walau dewasa sekarang ini banyak pengusaha batik Cirebon adalah batik bisa dipakai oleh masyarakat dari kalangan apapun seperti pada kalangan pelajar, santri, guru, ustad, kiyai dll. Sehingga batik Cirebonan bisa bersaing di zaman yang modern ini, sebagai sandang modern yang memiliki pesan moral. AN [Cirebon, 12 April 2018]
Post Image
Boost Post
Image
Learn More
Image
Email ini dikirim ke aan.lelono84.autotechno@blogger.com. Anda dapat berhenti berlangganan atau pelajari selengkapnya tentang iklan.
footer
Facebook, Inc., Attention: Community Support, 1 Facebook Way, Menlo Park, CA 94025

Tidak ada komentar:

Pesan Singkat

Penulis menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Penulis berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Bagaimana hasil survey terhadap artikel yang anda baca ?