Serial Bedah Betik (3)
BEGINI NIH ISI CV MATIK |
|
ada waktu lalu, Handy Hariko, Deputy GM Technical Service PT Astra Honda Motor (AHM) sudah jabarkan segala keunggulan dan kelebihan yang terdapat pada mesin CV Matic Honda Revo Techno AT. Mesin ini menggunakan sitem Continously Variable Transmision (CVT) yang terpasang di sebelah kanan girboks dan rumah kopling sentrifugal.
CV Matic ini juga dilengkapi puli depan atau rumah roller yang biasa disebut drive puley atau puli penggerak yang langsung berhubungan dengan kruk-as. Sedang puli belakang atau driven puley atau puli yang digerakan ada sedikit perbedaan dengan skubek umumnya.
Lalu dari ruang puli CVT. Driven puley terhubung ke poros rumah kopling sentrifugal yang memiliki ruang terpisah. Bahkan pada ruang itu juga terdapat girboks, gigi konus atau starter gir depan hingga bandul kruk-as.
Biar klop, mending lihat gambar dan keterangan berikut. Yuks! Di dalam crank case cuma ada girboks, gir conus reduksi depan, rumah kopling sentrifugal, kruk-as dan as pompa oli
Bandul kanan kruk-as punya perbedaan lantaran dilengkapi ring pelat lebar seperti bandul
Gir conus pemutar gigi depan dilengkapi balancer di bagian dalam. Konon mampu meredam suara entakan
Rumah roller, desain dan derajat antara CV Matic dengan Vario dan BeAT
Per driven puley CV Matic lebih tinggi dari Vario dan BeAT
Model kampas kompling sentrifugal bukan cuma terendam oli, tapi ada 4 susun. Dipercaya lebih menggigit pada saat menapak
Roller CV Matic 13 gram
Di sisi kiri ada ruang sepul pengapian arus DC. Bisa diketahui dari 12 angker, memiliki jumlah lilitan sama
Di bagian depan crank case ada rumah oil cooler. Bikin sejuk oli sebelum disirkulasikan |
Pesan Singkat
Penulis menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Penulis berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar